Unigal Repository

STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIAMIS DALAM MENINGKATKAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI APLIKASI HELO CIAMIS TAHUN 2024

Show simple item record

dc.contributor.author karina, devi
dc.date.accessioned 2025-09-04T06:40:00Z
dc.date.available 2025-09-04T06:40:00Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.other 3506210101
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7336
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah terkait dengan Strategi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Ciamis Dalam Meningkatkan Layanan Informasi Publik Melalui Aplikasi Helo Ciamis Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari indikator masalah yaitu kurangnya sosialisasi dan literasi digital penggunaan aplikasi Helo Ciamis Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan layanan informasi publik melalui aplikasi Helo Ciamis Tahun 2024 Teori yang digunakan yaitu menurut Samsurijal Hasan, .dkk (2021:5-6) yaitu: Tujuan Strategi (Strategic Intent), Merumuskan Strategi (Strategy Formulation), Menerapkan Strategi (Strategy Implemented), dan Mengevaluasi Strategi (Strategy Evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yaitu data primer serta data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dari studi kepustakaan, wawancara secara terstruktur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis Dalam Meningkatkan pelayanan Informasi Publik Melalui Aplikasi Helo Ciamis maka dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaanya belum optimal. Adapun hambatan yang dihadapi yaitu: keterbatasan sumber daya, koordinasi yang belum sepenuhnya mulus dan konsistensi serta tantangan dalam literasi digital masyarakat yang bervariasi, ancaman siber yang terus berkembang, serta belum adanya mekanisme umpan balik pengguna yang terstruktur dan otomatis turut menjadi ganjalan. Upaya yang dilakukan yaitu penyesuaian alokasi anggaran dan pencarian solusi biaya yang lebil efisien, peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan cross-training enguatan koordinasi lintas sektor dan penerapan SOP yang ketat, ser engembangan fitur feedback langsung di aplikasi en_US
dc.description.sponsorship Irfan Nursetiawan, S.Pd., M.Pd., M.Si Dini Yuliani, S.IP., M.Si en_US
dc.subject Strategi, Layanan Publik, Informasi Publik, dan Aplikasi Helo Ciamis. en_US
dc.title STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIAMIS DALAM MENINGKATKAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI APLIKASI HELO CIAMIS TAHUN 2024 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account