Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah terkait dengan Strategi Dinas
Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Ciamis Dalam Meningkatkan Layanan
Informasi Publik Melalui Aplikasi Helo Ciamis Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari indikator masalah yaitu kurangnya sosialisasi dan literasi digital penggunaan aplikasi Helo Ciamis Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana
Dinas Komunikasi
Dan Informatika Kabupaten Ciamis dalam
meningkatkan layanan informasi publik melalui aplikasi Helo Ciamis Tahun 2024
Teori yang digunakan yaitu menurut Samsurijal Hasan, .dkk (2021:5-6) yaitu:
Tujuan Strategi (Strategic Intent), Merumuskan Strategi (Strategy Formulation), Menerapkan Strategi (Strategy Implemented), dan Mengevaluasi Strategi (Strategy Evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yaitu data primer serta data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dari studi kepustakaan, wawancara secara terstruktur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis Dalam Meningkatkan pelayanan
Informasi Publik Melalui Aplikasi Helo Ciamis maka dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaanya belum optimal. Adapun hambatan yang dihadapi yaitu: keterbatasan sumber daya, koordinasi yang belum sepenuhnya mulus dan konsistensi serta tantangan dalam literasi digital masyarakat yang bervariasi, ancaman siber yang terus berkembang, serta belum adanya mekanisme umpan balik pengguna yang terstruktur dan otomatis turut menjadi ganjalan. Upaya yang dilakukan yaitu penyesuaian alokasi anggaran dan pencarian solusi biaya yang lebil efisien, peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan cross-training enguatan koordinasi lintas sektor dan penerapan SOP yang ketat, ser engembangan fitur feedback langsung di aplikasi