Abstract:
Latar Belakang: Peningkatan penggunaan smartphone di kalangan remaja telah menimbulkan berbagai dampak, salah satunya terhadap kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi konsentrasi dan menurunkan prestasi belajar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas tidur remaja akibat penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 2 Ciamis. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan crossional. Sampel: Sampel berjumlah 93 siswa kelas X dan XI yang dipilih melalui teknik proportional random sampling. Instrumen Penelitian: Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur dan data nilai rapor untuk mengukur prestasi belajar. Hasil Penelitian: Hasil analisis univariat menunjukkan mayoritas responden memiliki kualitas tidur buruk (50,54%) dan sangat buruk (24,73%), serta prestasi belajar yang menurun (64,52%). Uji bivariat dengan regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kualitas tidur dan prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,341. Dengan demikian, Kesimpulan: Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas tidur yang dipengaruhi oleh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar remaja. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi siswa, orang tua, dan pihak sekolah dalam mengelola penggunaan smartphone guna menjaga kualitas tidur dan mendukung pencapaian akademik.