Unigal Repository

Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Banjar Tahun 2024

Show simple item record

dc.contributor.author Ratna Sari, Euis
dc.date.accessioned 2025-09-04T04:29:10Z
dc.date.available 2025-09-04T04:29:10Z
dc.date.issued 2025-08-21
dc.identifier.issn 3506210288
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7318
dc.description.abstract ABSTRAK Euis Ratna Sari. 2025. Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kota Banjar Tahun 2024. Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (FISP). Universitas Galuh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kota Banjar yang masih belum optimal. Tujuannya adalah mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi tangible masih terdapat hambatan berupa keterbatasan sarana dan prasarana, ruang tunggu yang sempit, serta fasilitas ramah disabilitas yang belum tersedia. Pada dimensi reliability, hambatan muncul dari ketidaksesuaian prosedur, waktu pelayanan yang tidak seragam, dan perbedaan informasi antarpetugas. Dimensi responsiveness terkendala jumlah petugas yang tidak sebanding dengan volume pelayanan, terutama pada saat lonjakan pemohon. Pada dimensi assurance, pelayanan sudah cukup baik tetapi masih menghadapi tantangan dalam menjaga konsistensi kecepatan. Sedangkan pada dimensi empathy, pelayanan berjalan baik dengan petugas yang ramah, peduli, dan tidak diskriminatif. Upaya perbaikan dilakukan dengan menambah sarana prasarana, meningkatkan kompetensi dan jumlah petugas, memperbaiki sistem pelayanan, serta memperkuat pengawasan internal. en_US
dc.description.sponsorship Dr. H. Asep Nurwanda, S.HI.,M.Si. Irfan Nursetiawan, S.Pd.,M.Pd.,M.Si. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Euis Ratna Sari en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan, Disdukcapil, Administrasi Kependudukan, Kota Banjar en_US
dc.title Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Banjar Tahun 2024 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account