Abstract:
ABSTRAK
Euis Ratna Sari. 2025. Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di
Kota Banjar Tahun 2024. Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu
Sosial Dan Ilmu Politik (FISP). Universitas Galuh.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan administrasi kependudukan
di Disdukcapil Kota Banjar yang masih belum optimal. Tujuannya adalah
mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada dimensi tangible masih terdapat hambatan berupa
keterbatasan sarana dan prasarana, ruang tunggu yang sempit, serta fasilitas ramah
disabilitas yang belum tersedia. Pada dimensi reliability, hambatan muncul dari
ketidaksesuaian prosedur, waktu pelayanan yang tidak seragam, dan perbedaan
informasi antarpetugas. Dimensi responsiveness terkendala jumlah petugas yang
tidak sebanding dengan volume pelayanan, terutama pada saat lonjakan pemohon.
Pada dimensi assurance, pelayanan sudah cukup baik tetapi masih menghadapi
tantangan dalam menjaga konsistensi kecepatan. Sedangkan pada dimensi
empathy, pelayanan berjalan baik dengan petugas yang ramah, peduli, dan tidak
diskriminatif. Upaya perbaikan dilakukan dengan menambah sarana prasarana,
meningkatkan kompetensi dan jumlah petugas, memperbaiki sistem pelayanan,
serta memperkuat pengawasan internal.