Abstract:
Latar belakang:HIV/AIDS masih menjadi masalah kesehatan
masyarakat yang serius di Indonesia, termasuk di kalangan remaja
yang merupakan kelompok usia rentan. Kurangnya pengetahuan dan
sikap positif terhadap HIV/AIDS dapat meningkatkan risiko perilaku
berisiko pada remaja. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas media edukasi interaktif terhadap
pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS di SMKN 2
Ciamis. Metode:Penelitian menggunakan metode quasi experiment
dengan desain one group pre-test post-test without control. Sampel
berjumlah 91 siswa/i kelas X dan XI yang dipilih secara acak.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil:Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor
pengetahuan dari 23,07 menjadi 27,68 dan sikap dari 61,87 menjadi
66,33 dengan p-value 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa media
edukasi interaktif efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan
membentuk sikap positif remaja terhadap HIV/AIDS.
Saran:Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi
sekolah, tenaga kesehatan, dan pihak terkait dalam mengembangkan
metode edukasi kesehatan yang menarik dan sesuai dengan
karakteristik remaja.