Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Cimaragas

Show simple item record

dc.contributor.author Hayati, Cici
dc.date.accessioned 2025-09-04T04:17:15Z
dc.date.available 2025-09-04T04:17:15Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.issn 2107210017
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7313
dc.description.abstract Cici Hayati (2107210017). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Cimaragas (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X)”. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Dedeh, S.P.d., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cimaragas yang mayoritas masih dibawah KKM yang disebabkan oleh terpusatnya pembelajaran pada pendidik. Menyikapi permasalahan tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada kelas eksperimen dan membandingkan dengan metode ceramah yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen (quasi eksperimental) dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (Posttest). en_US
dc.description.sponsorship Dedeh, S.Pd., M.Pd, Rita Patonah, S.Pd., M.Pd en_US
dc.subject project based learning, hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Cimaragas en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account