Abstract:
Cici Hayati (2107210017). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Cimaragas (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X)”. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Dedeh, S.P.d., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cimaragas yang mayoritas masih dibawah KKM yang disebabkan oleh terpusatnya pembelajaran pada pendidik. Menyikapi permasalahan tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada kelas eksperimen dan membandingkan dengan metode ceramah yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen (quasi eksperimental) dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (Posttest).