Abstract:
Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah yang terjadi dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh peserta didik setelah pengikuti kegiatan pembelajaran. Dimana hasil pembelajarannya menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan proses belajar dan pembelajarnya. Yang mana hasil pemilihan media pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1). perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Word Square pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen. 2). perbedaan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas control. 3). perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Word Square dikelas eksperimen dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensial dikelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen (quasi eksperimen). Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen. 2). Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square dengan konvensional pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol.