Unigal Repository

ANALISISIS OPTIMALISASI PENERAPAN BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Basari, MA
dc.date.accessioned 2020-08-22T04:55:54Z
dc.date.available 2020-08-22T04:55:54Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/727
dc.description.abstract Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis (Unigal) salah satu fakultas yang paling banyak diminati dan saat ini menghadapi tantangan yang sama pada Fakultas Ekonomi di universitas-universitas maupun sekolah-sekolah tinggi lainnya di sekitar Ciamis. Persaingan yang begitu ketat berimbas kepada sulitnya menarik para calon mahasiswa yang dalam hal ini adalah sebagai konsumen jasa pendidikan. Untuk mengatasi masalah tersebut Fakultas Ekonomi Unigal berusaha untuk mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Bauran Pemasaran Jasa dengan menggabungkan Price (X1), Place(X2), Process (X3), People (X4) dan Physical Evidence (X5) bersinergi untuk mempengaruhi kepuasan mahasiswa dan menganalisis manakah dari kelima bauran pemasaran jasa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Field Research (observasi,wawancara, kuesioner) dan Library Research (studi kepustakaan) dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling sebanyak 96 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana dan berganda (multi linear regression). Analisis regresi, untuk menghitung besarnya pengaruh secara kuantitatif dari suatu perubahan kejadian (variabel X) terhadap kejadian lainnya (variabel Y). Untuk melihat hubungan antara variabel yang dipergunakan rumus regresi berganda Umar (2005:307). Y = a+ b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 + e. Hasil penelitian diperoleh pengaruh masing-masing variabel terhadap kepuasan mahasiswa secara parsial adalah Price (X1) : 15.46%, Place(X2) : 18.36%, Process (X3) : 39.22%, People (X4) : 36.24% dan Physical Evidence (X5) : 61.82%. dan secara simultan sebesar 68.09%, variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa tapi tidak diteliti sebesar 31.91%. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan SPSS menunjukan bahwa dari kelima komponen bauran pemasaran jasa hanya dua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (Y), karena tingkat signifikannya < 0.05, kedua variabel tersebut adalah place (X2) dan Physical Evidence(X5). Sedangkan tiga variabel lainnya yaitu price (X1), process (X3) dan people (X4) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa (Y), namun tidak signifikan. hal tersebut berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan SPSS bahwa ketiga variabel tersebut tingkat signifikansinya di atas 0,05 (>005). en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Price, Place, Process, People, Physical Evidence, Kepuasan Mahasiswa, Fakultas Ekonomi Unigal. en_US
dc.title ANALISISIS OPTIMALISASI PENERAPAN BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA en_US
dc.type Working Paper en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account