Abstract:
Yuni Halimah (2107210102) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind
Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada
Kelas X di SMAN 1 Langkaplancar)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rita
Patonah, S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing I dan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd. selaku
Pembimbing II.
Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik merupakan masalah dalam penelitian
ini yang harus dicari solusinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Mind Mapping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan
kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Mind Mapping pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir
(posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaaan kemampuan berpikir kritis peserta didik
yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan kemampuan berpikir kritis
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping
dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir
(posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan
Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan Uji t.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2)
Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas
kontrol; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dengan yang
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).