Abstract:
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis (Unigal) salah satu fakultas yang
paling banyak diminati dan saat ini menghadapi tantangan yang sama pada Fakultas
Ekonomi di universitas-universitas maupun sekolah-sekolah tinggi lainnya di sekitar
Ciamis. Persaingan yang begitu ketat berimbas kepada sulitnya menarik para calon
mahasiswa yang dalam hal ini adalah sebagai konsumen jasa pendidikan. Untuk
mengatasi masalah tersebut Fakultas Ekonomi Unigal berusaha untuk mengoptimalkan
seluruh sumberdaya yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar
pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Galuh Ciamis. Bauran Pemasaran Jasa dengan menggabungkan Price (X1),
Place(X2), Process (X3), People (X4) dan Physical Evidence (X5) bersinergi untuk
mempengaruhi kepuasan mahasiswa dan menganalisis manakah dari kelima bauran
pemasaran jasa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa tersebut.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Field Research
(observasi,wawancara, kuesioner) dan Library Research (studi kepustakaan) dengan
menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah
aksidental sampling sebanyak 96 sampel.
Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana dan
berganda (multi linear regression). Analisis regresi, untuk menghitung besarnya
pengaruh secara kuantitatif dari suatu perubahan kejadian (variabel X) terhadap
kejadian lainnya (variabel Y). Untuk melihat hubungan antara variabel yang
dipergunakan rumus regresi berganda Umar (2005:307). Y = a+ b1X1 + b2X2 + b3X3 +
b4X4 + b5X5 + e.
Hasil penelitian diperoleh pengaruh masing-masing variabel terhadap kepuasan
mahasiswa secara parsial adalah Price (X1) : 15.46%, Place(X2) : 18.36%, Process (X3)
: 39.22%, People (X4) : 36.24% dan Physical Evidence (X5) : 61.82%. dan secara
simultan sebesar 68.09%, variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa
tapi tidak diteliti sebesar 31.91%.
Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan SPSS menunjukan bahwa dari
kelima komponen bauran pemasaran jasa hanya dua variabel berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (Y), karena tingkat signifikannya < 0.05,
kedua variabel tersebut adalah place (X2) dan Physical Evidence(X5). Sedangkan tiga
variabel lainnya yaitu price (X1), process (X3) dan people (X4) berpengaruh terhadap
kepuasan mahasiswa (Y), namun tidak signifikan. hal tersebut berdasarkan hasil
pengolahan data menggunakan SPSS bahwa ketiga variabel tersebut tingkat
signifikansinya di atas 0,05 (>005).