Unigal Repository

EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGGUNAAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DESA CIOMAS KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author Samsa, Ade
dc.date.accessioned 2025-09-03T06:49:32Z
dc.date.available 2025-09-03T06:49:32Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.citation Government science en_US
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7233
dc.description.abstract ABSTRAK Administrasi kependudukan merupakan bagian penting dari pelayanan publik yang mendukung sistem pemerintahan, dengan data kependudukan sebagai dasar perencanaan dan kebijakan. Meskipun telah ada upaya digitalisasi melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) sesuai Permendagri No. 72 Tahun 2022, pelaksanaannya di Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis masih menghadapi hambatan. Masalah yang ditemukan mencakup kurangnya sosialisasi, keterbatasan sarana dan prasarana, serta rendahnya kompetensi SDM. Kondisi ini menyebabkan pelayanan belum efektif, sehingga diperlukan strategi peningkatan guna mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan penggunaan aplikasi identitas kependudukan digital Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawanncara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu berdasarkan identifikasi dari informan baik yang bersumber dari wawancara atau dokumentasi. Pelayanan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Desa Ciomas telah dijalankan sesuai prosedur, mulai dari pendaftaran, verifikasi, hingga aktivasi dengan waktu penyelesaian yang relatif cepat jika tidak ada hambatan teknis. Masyarakat dapat mengakses layanan ini melalui perangkat digital pribadi atau dengan bantuan di kantor desa. Namun, masih terdapat hambatan, seperti rendahnya pemahaman masyarakat terhadap prosedur digital, gangguan jaringan internet, dan keterbatasan kompetensi pegawai. Beberapa warga juga mengalami kesulitan karena perangkat yang tidak kompatibel. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah desa melakukan sosialisasi melalui pendampingan dan media, mengusulkan perbaikan jaringan, serta mengadakan pelatihan pegawai. Layanan bantuan di kantor desa juga terus dioptimalkan agar semua warga dapat mengakses IKD dengan lebih mudah. Adapun saran-saran yang dapat diberikan diantaranya Pemerintah Desa Ciomas diharapkan mengalokasikan anggaran untuk menambah fasilitas pendukung seperti komputer dan akses internet di kantor desa guna mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan IKD. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) disarankan mengoptimalkan integrasi IKD dengan layanan kependudukan lainnya agar akses layanan administrasi secara digital semakin mudah. Masyarakat perlu meningkatkan literasi digital agar lebih memahami penggunaan aplikasi IKD dan layanan sejenis. Sementara itu, peneliti selanjutnya dapat melakukan kajian lebih mendalam mengenai efektivitas penerapan IKD di wilayah lain, seperti daerah perkotaan atau wilayah terpencil dengan keterbatasan akses teknologi. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan, Aplikasi, Identitas Kependudukan Digital. en_US
dc.publisher Faculty Of Social And Folitycal Science en_US
dc.subject Efektivitas, Pelayanan, Aplikasi; Identitas Kependudukan Digital en_US
dc.title EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGGUNAAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DESA CIOMAS KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS en_US
dc.title.alternative Efektivitas, Pelayanan, Aplikasi, Identitas Kependudukan Digital en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account