dc.description.abstract |
ABSTRAK
Popon Patonah. Nim. 3504210055. 2025. Skripsi ini berjudul “Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cieurih Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis”
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa indikator masalah dalam sistem pelayanan, di antaranya adalah waktu pelayanan yang tidak efisien, alur pelayanan yang belum teratur, khususnya pada proses pendaftaran, yang masih menimbulkan kebingungannya pasien, serta ketidakteraturan berpotensi menyebabkan kesalahpahaman antara pasien dan petugas.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redikuasi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu, kepala UPTD Puskesmas Cieurih, petugas pelayanan kesehatan, petugas pelayanan administrasi dan masyarakat/pengunjung.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cieurih Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis belum optimal. Hal ini ditunjukan berdasarkan 11 (sebelas) indikator yang digunakan sebagai alat ukur penelitian, masih terdapat 3 (tiga) indikator yang belum optimal. Hal ini di karenakan adanya hambatan yaitu ketanggapan saat pasien sedang banyak dan masih adanya keluhan pasien terhadap petugas yang kurang ramah. Hambatan- hambatan tersebut juga di perkuat dengan belum optimalnya sarana dan prasarana serta informasi atau petunjuk yang jelas,waktu pelayanan yang belum optimal. Adapun upaya yang dilakukan oleh pihak puskesmas yaitu mengadakan evaluasi rutin dan pelatihan rutin serta upaya penerapan sistem antrian yang terintegrasi secara digital.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Puskesmas |
en_US |