Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Nujullulhidayah, Resna
dc.date.accessioned 2025-09-03T04:51:10Z
dc.date.available 2025-09-03T04:51:10Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7222
dc.description.abstract Resna Nujullulhidayah (2107210123) “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Lembaga Keuangan Kelas X di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya)” Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik harus mencari cara untuk mencapai keberhasilan. Salah satunya yaitu dalam model pembelajaran. Kemampuan berpikir kreatif dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan pendekatan pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan penelitian ini: 1) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PJBL) Berbasis STEAM pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen 2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol 3) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis STEAM dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest) dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Project Based learning (PjBL) Berbasis STEAM pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEAM dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Berpikir Kreatif en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account