Abstract:
Tiara Dara Rizqi, Nim 3402210417. “Pengaruh Penggunaan Digital Payment
Terhadap Perilaku Konsumtif Gen Z (Studi pada Mahasiswa Prodi
Manajemen Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis)”.
Dibawah bimbingan Ibu Elin Herlina, S.Pd., M.M (Pembimbing I) dan Ibu
Risna Kartika, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap
Perilaku Konsumtif Gen Z (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan
2021 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis). Permasalahan yang dihadapi
penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana penggunaan digital payment pada generasi z
Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh
Ciamis?; 2). Bagaimana perilaku konsumtif generasi z pada Mahasiswa Prodi
Manajemen Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis?; 3).
Bagaimana pengaruh penggunaan digital payment terhadap perilaku konsumtif
pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi Universitas
Galuh Ciamis? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis 1). Untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan digital payment
pada generasi z Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi
Universitas Galuh Ciamis; 2). Untuk mengetahui dan menganalisis perilaku
konsumtif generasi z pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Fakultas
Ekonomi Universitas Galuh Ciamis; 3). Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh penggunaan digital payment terhadap perilaku konsumtif pada
Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh
Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yg diperoleh digunakan
Analisis Koefisien Korelasi Rank Spearman, Uji Koefisien Korelasi Determinasi,
Uji Hipotesis (Uji t).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa: 1). Terdapat hasil
yang tinggi pada penggunaan digital payment di Mahasiswa Prodi Manajemen
Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Artinya jika
penggunaan digital payment semakin tinggi maka perilaku konsumtif pun akan
meningkat. 2). Terdapat hasil yang rendah pada perilaku konsumtif di Mahasiswa
Prodi Manajemen Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis.
Artinya jika perilaku konsumtif semakin rendah maka penggunaan digital payment
pun akan menurun. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan digital payment terhadap
perilaku konsumtif di Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Fakultas
Ekonomi Universitas Galuh Ciamis.
Diharapkan bagi pihak Universitas Galuh Ciamis memberikan edukasi agar
mahasiswa lebih bijak dalam bertransaksi. Semakin tinggi penggunaan digital
payment, semakin tinggi pula perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Digital Payment, Perilaku Konsumtif