| dc.contributor.author | Sumiati, Eti | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-03T04:31:52Z | |
| dc.date.available | 2025-09-03T04:31:52Z | |
| dc.date.issued | 2025-06-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7216 | |
| dc.description.abstract | Penelitian dilatarbelakangi oleh belum optimalnya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugasnya, Supervisi akademik pengawas belum mencapai target yang diharapkan, dan belum meningkatnya kinerja mengajar guru yang tentunya akan berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja mengajar guru pada KKM MTsN 5 Tasikmalaya, 2) Pengaruh supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru pada KKM MTsN 5 Tasikmalaya, 3) Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru pada KKM MTsN 5 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dengan jumlah responden 53 orang. Pengolahan data statistik menggunakan bantuan SPSS 21.0, dan teknik analisis datanya melalui korelasi determinasi dan korelasi regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Kepala Madrasah pada umumnya berada pada katergori sering dengan kriteria sedang. Namun demikian ada indikator yang harus ditingkatkan yaitu indikator Kepala Madrasah mengorganisasikan berbagai sumber daya pendidikan bersama tenaga pendidik dan kependidikan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja mengajar guru. 2) Supervisi akademik pengawas pada umumnya berada pada kategori sering dengan kriteria sedang. Namun demikian ada indikator yang harus ditingkatkan yaitu indikator menetapkan rancangan operasional supervisi akademik sesuai dengan tujuan dan strategi yang dipilih yang pas digunakan untuk tenaga pendidik, melaksanakan supervisi yang demokratis terhadap tenaga pendidik di Madrasah, dan merumuskan kriteria keefektifan proses supervisi berdasarkan observasi langsung terhadap tenaga pendidik saat menjalankan tupoksi kerja masing-masing. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru, 3) Kinerja mengajar guru pada KKM MTsN 5 Tasikmalaya pada umumnya berada pada kategori sering dengan kriteria sedang. Namun demikian ada indikator yang harus ditingkatkan yaitu indikator guru menyusun laporan kemajuan hasil belajar. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah dan supervisi akademik pengawas terhadap kinerja mengajar guru, artinya semakin meningkat kepemimpinan kepala madrasah dan semakin efektif supervisi akademik pengawas maka cenderung semakin meningkat kinerja mengajar guru. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asep Saepul Hidayat, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Kepemimpinan Kepala Madrasah, Supervisi Akademik Pengawas, Kinerja Mengajar Guru | en_US |
| dc.title | PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU ( Studi Pada KKM MTsN 5 Tasikmalaya) | en_US |
| dc.type | Other | en_US |