| dc.contributor.author | Siyari, Rohwina M | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-03T03:47:51Z | |
| dc.date.available | 2025-09-03T03:47:51Z | |
| dc.date.issued | 2025-09-03 | |
| dc.identifier.citation | Prodi Keperawatan | en_US |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7215 | |
| dc.description.abstract | Pendahuluan: Perkembangan teknologi digital memberikan kemudahan dalam pembelajaran, namun juga menimbulkan tantangan seperti meningkatnya perilaku academic cyberloafing yang dapat memengaruhi konsentrasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic cyberloafing dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh tahun 2025. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional non-eksperimen dengan desain cross-sectional dan teori yang mendasari adalah lima dimensi academic cyberloafing menurut Akbulut serta tiga spek konsentrasi belajar menurut Bloom. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring berbasis skala likert kepada 74 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling dari total populasi 278 mahasiswa aktif. Hasil: Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berada pada tingkat sedang dalam hal academic cyberloafing maupun konsentrasi belajar. Analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kedua variabel tersebut, di mana semakin tinggi academic cyberloafing, semakin rendah konsentrasi belajar mahasiswa. Diskusi: Academic cyberloafing berkontribusi terhadap penurunan konsentrasi belajar mahasiswa. Hasil ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran yang adaptif serta kebijakan penggunaan perangkat digital yang bijak di lingkungan perkuliahan. Diperlukan peningkatan literasi digital dan pembatasan penggunaan teknologi non-akademik guna menunjang fokus dan efektivitas belajar. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Ilmu Kesehatan | en_US |
| dc.subject | academic cyberloafing, konsentrasi belajar, mahasiswa, keperawatan, kesehatan | en_US |
| dc.title | Hubungan Academic Cyberloafing Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Keperawatan Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh Tahun 2025 | en_US |