| dc.contributor.author | PURWANTI, DESI | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-03T01:59:20Z | |
| dc.date.available | 2025-09-03T01:59:20Z | |
| dc.date.issued | 2003-08-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7201 | |
| dc.description.abstract | Latar Belakang: Penggunaan media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan remaja dan dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap perkembangan psikososial, khususnya kepercayaan diri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial dengan kepercayaan diri pada remaja di SMK Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, tahun 2025. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional, melibatkan 92 siswa kelas X dan XI yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner penggunaan media sosial (skala SMU-SNS) dan kepercayaan diri (skala Rosenberg Self-Esteem Scale), kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Mayoritas remaja memiliki tingkat penggunaan media sosial dan kepercayaan diri dalam kategori sedang. Koefisien korelasi sebesar 0,254 dengan signifikansi 0,015 (p < 0,05) menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan namun lemah antara penggunaan media sosial dan kepercayaan diri. Kesimpulan: Penggunaan media sosial yang sehat dapat berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan diri remaja dan menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan program edukasi serta pembinaan kepercayaan diri di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Kepercayaan Diri, Remaja, SMK Negeri 1 Kawali | en_US |
| dc.description.sponsorship | Asri aprilia rohman (1) , Reni Hertini (2) | en_US |
| dc.publisher | program studi keperawatan ilmu kesehatan | en_US |
| dc.subject | penggunaan media sosial ,kepercayaan diri,remaja,SMK Negeri 1 Kawali | en_US |
| dc.title | Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di SMK N 1 Kawali Kabupaten Ciamis | en_US |
| dc.type | Article | en_US |