Unigal Repository

Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sprt Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 8 Kota Tasikmalaya

Show simple item record

dc.contributor.author Maryam, Siti
dc.date.accessioned 2025-09-03T01:37:58Z
dc.date.available 2025-09-03T01:37:58Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7192
dc.description.abstract Siti Maryam (2107210082). “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 8 Kota Tasikmalaya”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I, dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Hasil belajar yang rendah merupakan masalah dalam penelitian ini. Rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran yang kurang mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Pendidik diharapkan dapat memilih model pembelajaran yang dapat mengajak siswa untuk berperan aktif agar hasil belajar yang dicapai lebih maksimal. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran aktif tipe Card Sort. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akir (Posttest) di kelas eksperimen; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; dan (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan yaitut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) dan (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). en_US
dc.description.sponsorship Ilah, S. Pd., M. Pd. Rita Patonah, S. Pd., M. Pd. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Aktif, Card Sort, Hasil Belajar en_US
dc.title Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sprt Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 8 Kota Tasikmalaya en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account