Abstract:
Persaingan pasar durian saat ini sangat ketat cenderung kompetitif antara durian lokal dan hadirnya durian premium, hal ini menjadi tantangan ditengah dinamika preferensi konsumen durian. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mendukung keberhasilan pemasaran durian di Desa Raksabaya. 2) Untuk mengetahui strategi alternatif dalam pemasaran durian di Desa Raksabaya. Penelitian ini menggunakan metode survey. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal deskriptif hasil angket. Hasil penelitian ini menujukan bahwa : 1) Strategi pemasaran durian lokal di Desa Raksabaya mempunyai peluang namun memiliki kelemahan karena nilai dari matrik IFE maupun EFE menunjukkan nilai peluang (opportunity) dan nilai kelemahan (weaknesses)paling besar dibandingkan nilai Kekuatan (Strenght) ancaman (threat). 2) Strategi alternatif dalam pemasaran durian di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis adalah melakukan pelatihan dan pendampingan petani untuk standarisasi dan peningkatan kualitas, penguatan Kelembagaan Kelompok Tani untuk Skala Usaha yang Lebih Besar, pengembangan branding dan desain kemasan berbasis lokal dengan bantuan pemerintah atau lembaga umkm dan pemanfaatan teknologi informasi untuk edukasi, promosi, dan penjualan diversifikasi produk dan pelatihan pengolahan pasca panen.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Durian.