| dc.contributor.author | Marselina, Dwina | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-01T10:01:13Z | |
| dc.date.available | 2025-09-01T10:01:13Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-30 | |
| dc.identifier.other | 2107210113 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7159 | |
| dc.description.abstract | Dwina Marselina (2107210113) “Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMAN 3 Ciamis” penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd., dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dimana yang belum memenuhi KKTP sebanyak 55% dan yang baru mencapai KKTP 43% Menyikapi permasalahan tersebut, penulis menerapkan media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi pada kelas eksperimen dan membandingkan dengan media konvensional yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1).Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) dikelas eksperimen. 2).Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (postest) di kelas kontrol. 3).Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi dengan yang menggunakan media konvesional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi pada pengukuran awal (Pretest) dan Pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran Akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajar audiovisual berbasis video animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dibanding dengan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol pada pengukuran akhir (Posttest). | en_US |
| dc.description.sponsorship | Dedeh, S.Pd.,M.Pd. Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd | en_US |
| dc.publisher | Pendidikan Akuntansi | en_US |
| dc.subject | kata kunci: media pembelajaran Audiovisual berbasis video animasi, hasil belajar. | en_US |
| dc.title | PENGARUHPENGGUNAANMEDIAPEMBELAJARAN AUDIOVISUALBERBASISVIDEOANIMASITERHADAP HASILBELAJARPESERTADIDIKKELASXIPSSMA NEGERI 3 CIAMIS | en_US |
| dc.type | Other | en_US |