Abstract:
Dwina Marselina (2107210113) “Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran
Audiovisual Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X
IPS SMAN 3 Ciamis” penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Dedeh, S.Pd.,
M.Pd., dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dimana yang
belum memenuhi KKTP sebanyak 55% dan yang baru mencapai KKTP 43% Menyikapi
permasalahan tersebut, penulis menerapkan media pembelajaran audiovisual berbasis
video animasi pada kelas eksperimen dan membandingkan dengan media konvensional
yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1).Perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audiovisual berbasis video
animasi pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) dikelas
eksperimen. 2).Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media
pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir
(postest) di kelas kontrol. 3).Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan
media pembelajaran audiovisual berbasis video animasi dengan yang menggunakan
media konvesional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan
yaitu metode eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan
hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audiovisual berbasis
video animasi pada pengukuran awal (Pretest) dan Pengukuran akhir (Posttest) di kelas
eksperimen. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media
konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran Akhir (Posttest) di kelas
kontrol. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media
pembelajar audiovisual berbasis video animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada
kelas eksperimen dibanding dengan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol pada
pengukuran akhir (Posttest).