Abstract:
ABSTRAK
Fazhira Fizrina Fathir (2107210112), “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery
Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa di SMA Negeri 2
Ciamis”, penulisan skripsi ini dibawah bimbingan ibu Yuyun Susanti, S.Pd.,
M.Pd. dan bapak Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd.
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa menjadi permasalahan utama dalam
penelitian ini. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu indikator
penting dalam keterampilan yang perlu dikembangkan dalam proses
pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa penerapan model pembelajaran
Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa
melalui kegiatan eksplorasi, analitis dan penemuan mandiri terhadap konsep yang
dipelajari. Tujuan penelitian: (1) Perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa
yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pengukuran
awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas Eksperimen; (2)
Perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir
(Posttest) di kelas Kontrol; (3) Perbedaan kemampuan berfikir siswa yang
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan yang
menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran Akhir
(Posttest). Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain
Nonequivalent Control Group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji t. Data dikumpulkan melalui pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir
(posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasilnya penelitian menunjukan: (1) Terdapat Perbedaan kemampuan berfikir
kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada
pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas Eksperimen.
(2) Terdapat Perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa yang menggunakan
metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (Posttest) di kelas Kontrol. (3) Terdapat Perbedaan kemampuan
berfikir siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning
dengan yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran
Akhir (Posttest).
Kata kunci: model pembelajaran Discovery Learning, berfikir kreatif