Unigal Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI OPAK KETAN

Show simple item record

dc.contributor.author Nurdiana, Dika
dc.date.accessioned 2025-09-01T06:46:04Z
dc.date.available 2025-09-01T06:46:04Z
dc.date.issued 2025-08-27
dc.identifier.citation Abadi. (2016). Evaluasi strategi penetapan harga jual dalam bisnis gourmet Land Cafe. Jurnal Performa, 1(1), 112-117. Andrie. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Opak Ketan di Kabupaten Tasikmalaya (Studi Kasus di Dusun Cipertani Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 9, Nomor 3, September 2022 : 1469-1477 Andristian. (2014). Kajian Karakteristik Sensoris dan Fisikokimia Opak Ketan (Oryza sativa glutinosa) yang Difortifikasi dengan Kacang Hijau (Vigna radiata L.). Jurnal Digilib Universitas Sebelas Maret Anwar. (2018). Optimasi Proporsi Air Dan Beras Ketan Terhadap Tekstur Ketan Putih, Merah Dan Hitam (Oryza Sativa L. Var Glutinosa). Jurnal Pangan dan Agroindustri, 3(4). Arifudin. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313-322 Asih. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat Melalui Pengolahan Makanan Tradisional Jemblem dan Makanan Modern Corn Dog di Desa Wonoroto. Jurnal Varia Humanika, 4(2), 124-130. Aulia.(2020). Strategi Pengembangan Agribisnis Kabupaten Asahan Agribusiness Development Strategy of Asahan Regency. Jurnal Agriust, 69-75. Badan Pusat Statistika. (2024). Konsumsi Beras Ketan Hasil Susenas 2024. Jawa Barat: BPS. Departemen Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Gizi. (2015). Kandungan Gizi Beras Ketan. Jakarta : Bharata Elvani, E. N. (2021). Analisis Yuridis Manajemen Pemasaran Pada Home Industry Opak Ketan Bakar 2d Di Mandirancan. Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon Godam. (2012). Isi Kandungan Gizi GelatinKomposisi Nutrisi Bahan Makanan Gunawan, R. (2023). Digital Marketing Pembuatan Opak Dan Rengginang Usaha Rumahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK, 3(2), 118-124. 49 Hadi. (2017). Implementasi Alat Cetak Mekanis Opak Ketan Guna Meningkatkan Produktivitas (Studi Kasus: IKM Opak Ketan, Sumedang). Charity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1a), 54-58. Hunger & Thomas. ( 2023 ). Manajemen Strategi Edisi ke dua. Yogyakarta Jabar.tribunnews.com. (19 Juli 2020 ). Cara Pembuatan Opak Ketan. Diakses pada 21 Desember 2024, dari https://jabar.tribunnews.com/2020/cara-pembuatan- opak-ketan/ Janiah. (2019). Strategic Management EFE-IFE MATRIX, SWOT analysis, Competitive Profil Matrix (CPM) Dan BCG Matrix Pada PT Yamaha. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 188-196. Kartika. (2024). Analisis Pengembangan Usaha Distributor Air Mineral Toko Mekar Sari di Kota Surabaya Dengan Strategi SWOT." Jurnal Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi 7.2 : 31-40. Lestariningsih. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Sakit Menggunakan IFE, EFE, IE Matriks dan SWOT." Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) . Nangameka. (2022). Strategi Pemasaran dan Pengembangan Cacing Tanah (Lumbricus) di CV. Biru Langit (Studi Kasus di Desa Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo)." Jurnal agribios 20.1 : 104-113. Nulfaidah. (2024). Penataan Manajemen Produksi dan Proses Pemanggangan Bagi Umkm Opak Ketan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7.1 (2024): 54-62. Pujiati. (2020). Analisis Penyebab Fluktuasi Harga Barang Pokok Di Pasar Kabupaten Magetan Jawa Timur. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), 191-199. Ramadhina. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 59-67. Rangkuti. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,2004. hlm. 18-19. Rangkuti. (2009). Analisis SWOT sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan, 4(2), 1–12. 50 Rangkuti. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Raswiantini. (2023). Strategi Pemasaran Opak Ketan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 10(2), 915-923. Riadi. (2013). Strenghts, Weakness,Opportunities, Threats (SWOT). Ditinjau dari http://www.kajianpustaka.com. Rochim. ( 2016 ). Tinjauan Fisik Dan Kadar Serat Pada Brownies Kukus Dengan Variasi Campuiran Tepung Beras Merah. Jurnal Diss. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sibarani. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Perusahaan Pt. Xyz. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(2), 094-113. Soetriyono. ( Mei 2016 ). Pengertian kuadran SWOT. Diakses pada 31 Desember 2024, dari https://www.researchgate.net/figure/Gambar-2-Diagram-kuadran- SWOT-Keterangan-Sumbu-x-kekuatan-kelemahan Sugiyono. ( 2017 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : PT Alfabet Sunusi. (2014). Analisis pengaruh jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengeluaran pemerintah pada pertumbuhan ekonomi dan dampaknya terhadap kemiskinan di Sulawesi Utara tahun 2001-2010. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(2). Thony. (2019). Analisis Home Industri Pembuatan Kerupuk Opak di Desa Jaya Bakti Kecamatan Madang Suku I Kabupaten Oku Timur. Jurnal Bakti Agribisnis, 5(01), 1-9. Wahyuni. (2020 ) Analisis kelayakan usaha dan strategi pengembangan industri kecil tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari." Jurnal Ekuilnomi 2.1 : 29-39. Yohanna. (2016). Upaya Peningkatan usaha masyarakat melalui pengurusan perizinan usaha dan merek. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 73-78. en_US
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7143
dc.description.abstract DIKA NURDIANA. 2025. Strategi Pengembangan Agroindustri Opak Ketan (Studi Kasus Pada Pengrajin Opak Ketan Ibu Emar di Dusun Sambung Jaya Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Di bawah bimbingan Jeti Rachmawati dan Tiktiek Kurniawati. Usaha opak ketan yang dikelola oleh ibu Emar sejak tahun 2009 memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Namun tantangan seperti fluktuasi harga bahan baku, keterbatasan modal dan pemasaran yang terbatas menjadi hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha serta merumuskan alternatif strategi yang sesuai. Metode yang digunakan adalah dengan pengumpulan data melalui purposive sampling. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah opak ketan, lingkungan internal, lingkungan eksternal, kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, IFAS, EFAS, pesaing dan konsumen. Untuk menganalisis data menggunakan SWOT dengan Matrik IFAS untuk menganalisis faktor internal dan EFAS untuk menganalisis faktor eksternal. Hasil dari penelitian diperoleh faktor internal kekuatan (Memiliki tekstur yang lebih mengembang, bahan baku mudah didapat, mudah mendapatkan tenaga kerja dan masa kadaluarsa yang lebih lama), kelemahan (Harga jual lebih tinggi, kemasan masih sederhana, belum memiliki izin usaha dan permodalan yang masih terbatas). Faktor eksternal peluang (Program kementrian ekonomi kreatif, permintaan pasar yang meningkat, lokasi yang cukup strategis dan Pemanfaatan media sosial), ancaman (Harga bahan baku yang terus meningkat, produk mudah ditiru, hanya mempunyai satu varian rasa dan belum memiliki alat pengering). Alternatif strategi yang sesuai untuk agroindustri opak ketan Ibu Emar di Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis adalah strategi W-O antara lain Membuat surat izin mendirikan perusahaan, membeli bahan baku langsung dari petani dan berinovasi dengan kemasan yang lebih variatif. Saran yang dapat diberikan segera membuat surat izin perusahaan, pendampingan pembuatan logo halal dan bantuan pemerintah dalam pemasaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Agroindustri Opak Ketan, Alternatif Strategi, EFAS, IFAS, SWOT en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI OPAK KETAN en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account