Unigal Repository

Peran Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis Melalui Program Sistem Pelayanan Cepat Aman Dan Ramah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Show simple item record

dc.contributor.author Mardiana, Gina
dc.date.accessioned 2025-09-01T02:23:05Z
dc.date.available 2025-09-01T02:23:05Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7129
dc.description.abstract Untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih cepat, aman dan ramah kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis meluncurkan sebuah inovasi melalui program Sistem Pelayanan Cepat, Aman dan Ramah (Silancar). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran disdukcapil Kabupaten Ciamis melalui program silancar dalam meningkattkan kualitas pelayanan publik,serta mengidentifikasi berbagai kendala dan tantangan yang muncul selama proses implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Pendekatan teoritis yang digunakan merujuk pada peran Pemerintah menurut Sondang P. Siagian, yang mencakup peran sebagai Stabilisator, innovator, modernisator, pelopor, dan pelaksana sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program silancar telah berjalan namun belum sepenuhnya mencapai tingkat optimal. Beberapa indikator peran pemerintah masih menunjukan kelemahan, khususnya dalam ketersediaan sarana dan prasarana teknologi, efektivtas sosialisasi, dan peran sebagai role model instansi. Beberapa kendala teknis seperti koneksi internet yang kurang stabil, jumlah perangkat komputer yang terbatas, serta rendahnya kemampuan digital masyarakat juga turut menjadi penghambat efektivitas layanan silancar. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pengembangan infrastruktur, pendidikan teknologi, dan pendekatan sosialisasi yang lebih intensif. Dengan penguatan peran kelembagaan dan kolaborasi antar-stakeholder, program silancar berpotensi menjadi layanan digital yang inklusif, efisien, dan berkelanjutan dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Ciamis. en_US
dc.description.sponsorship Arie Budiawan, S.IP.,M.M. Ii Sujai, S.IP., M.Si. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik en_US
dc.subject Pelayanan Publik en_US
dc.subject Disdukcapil en_US
dc.subject Silancar en_US
dc.subject Peran Pemerintah en_US
dc.subject Inovasi Digital en_US
dc.title Peran Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis Melalui Program Sistem Pelayanan Cepat Aman Dan Ramah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account