Unigal Repository

Saluran pemasaran buah durian di kecamatan cisaga kabupaten ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Nuryadinata, Asep
dc.date.accessioned 2025-09-01T02:05:14Z
dc.date.available 2025-09-01T02:05:14Z
dc.date.issued 2025-08-26
dc.identifier.issn 5009210171
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7120
dc.description.abstract Durian merupakan salah satu komoditas yang banyak tumbuh subur di Indonesia. Namun, dibalik potensi produksi durian yang tinggi masih ditemukan berbagai permasalahan khususnya dalam sistem pemasarannya, saluran pemasaran dari petani ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui saluran pemasaran durian di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis, (2) Mengetahui besarnya margin, biaya, dan keuntungan pemasaran durian di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis, dan (3) Mengetahui besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) durian di Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena, peristiwa, atau situasi secara mendalam berdasarkan data non-numerik, seperti wawancara, observasi, dan dokumen. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) berdasarkan potensi produksi durian yang tinggi. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan penentuan responden petani menggunakan sampling jenuhterhadap 11 petani durian di Kecamatan Cisaga, dan penentuan responden lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada Saluran Pemasaran I (petani → konsumen), tidak terdapat margin, biaya, maupun keuntungan pemasaran karena transaksi langsung antara petani dengan konsumen, sehingga farmer’s share mencapai 100%. Pada Saluran Pemasaran II (petani → pedagang pengecer → konsumen), total margin pemasaran sebesar Rp100.000, biaya pemasaran Rp32.000, dan keuntungan pemasaran Rp68.000 dengan farmer’s share sebesar 71,42%. Sementara itu, pada Saluran Pemasaran III (petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen), total margin pemasaran mencapai Rp150.000, biaya pemasaran Rp67.000, dan keuntungan pemasaran Rp83.000 dengan farmer’s share hanya 62,50%. en_US
dc.description.sponsorship Benidzar M. Andrie, S.P., M.P., M. AriefRizkiMauladi, S.P., M.Sc en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Farmer share,durian,marketng en_US
dc.title Saluran pemasaran buah durian di kecamatan cisaga kabupaten ciamis en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account