Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Permana, Agus Setia
dc.date.accessioned 2025-08-30T01:36:03Z
dc.date.available 2025-08-30T01:36:03Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.other Agus Setia Permana
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7113
dc.description.abstract Agus Setia Permana (2107210020). ”Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Uang dan Inflasi di Kelas XI SMA YRM Cihawar”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA YRM Cihawar. Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran, sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat, diantaranya yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eskperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). kata kunci: model pembelajaran contextual teaching and learning, hasil belajar. en_US
dc.description.sponsorship Patonah, Rita; Susanti, Yuyun en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject contextual teaching and learning, hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account