Abstract:
Kajian ini dilatarbelakangi pembangunan kawasan wisata sebagai andalan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Ciamis dan pembangunan pada sektor lain perlu memperhatikan dampak terhadap lingkungan, terutama akibat tumbuhnya fasilitas-fasilitas wisata yang akan mempengaruhi lingkungan sekitar. Obyek wisata Situ Wangi ini masih sangat jarang diketahui keberadaannya, namun berpotensi untuk menyegerakan perekonomian masyarakat sekitarnya. Tujuan kajian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kondisi nyata potensi obyek wisata Situ Wangi, 2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan obyek wisata Situ Wangi, 3) Strategi yang perlu dilakukan dalam pengelolaan obyek wisata Situ Wangi. Metode kajian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada setiap wisatawan yang dijumpai langsung diambil sebagai responden dan ditetapkan sebanyak 20 orang. Sementara untuk sampel masyarakat lokal ditetapkan sebanyak 10 orang dan aparat pemerintahan sebanyak 10 orang. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi nyata obyek Wisata Situ Wangi Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis memiliki indeks kelayakan obyek wisata berada pada kriteria layak dikembangkan, namun demikian perlu peningkatan terutama pada indikator amenitas, fasilitas pendukung, dan kelembagaan. 2) Faktor pendukung obyek wisata Situ Wangi Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis melalui indikator daya tarik wisata berada pada kriteria sangat menarik, aksesibilitas berada pada kriteria sangat mudah diakses, amenitas berada pada kriteria kurang memadai, fasilitas pendukung berada pada kriteria kurang memadai, dan masyarakat sebagai tuan rumah berada pada kriteria sangat ramah. Sedangkan faktor penghambat obyek wisata Situ Wangi melalui indikator kurangnya sarana dan prasarana berada pada kriteria sangat kurang, indikator kurangnya pemasaran wisata berada pada kriteria kurang pemasaran, pengelolaan yang belum profesional berada pada kriteria kurang profesional, dan kurangnya penyuluhan kepada masyarakat tentang pariwisata berada pada kriteria kurang penyuluhan. 3) Strategi pengembangan obyek wisata Situ Wangi di arahkan berdasarkan analisis SWOT. Analisis ini merupakan suatu metode yang menggambarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan obyek wisata. Strategi yang dapat diterapkan adalah dukungan kebijakan pemerintah yang agresif (growth oriented strategy).