dc.contributor.author |
KODARIAH, NURALIFAH |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-27T07:03:16Z |
|
dc.date.available |
2025-08-27T07:03:16Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-31 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7087 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih (Suatu Studi pada PT Unilever Indonesia Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2023).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Seberapa besar pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk?; 2]. Seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk?; 3]. Seberapa besar pengaruh volume penjualan dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Besarnya pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk; 2]. Besarnya pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk; 3]. Besarnya pengaruh volume penjualan dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menguji analisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Signifikansi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1] Volume penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk dengan besarnya pengaruh 81,00% dan sisanya 19,00% dipengaruhi oleh faktor lain. 2] Biaya promosi tidak berpengaruh terhadap laba bersih PT Unilever Indonesia Tbk dengan besarnya pengaruh 71,98% dan sisanya 28,02% dipengaruhi faktor lain. 3] volume penjualan dan biaya promosi secara bersamasama tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih PT Unilever Indonesia Tbk dengan besar pengaruh 94,59% dan sisanya 5,41% dipengaruhi faktor lain. Diharapkan PT Unilever Indonesia Tbk meningkatkan volume penjualan dengan diiringi efisiensi agar berdampak positif terhadap laba bersih. Perusahaan juga harus meningkatkan pengendalian biaya promosi sehingga biaya yang disalurkan untuk kegiatan promosi dapat meningkatkan laba bersih perusahaan. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Dr. H. Sukomo, Drs., M.Si , Hj. Elis Badriah, S.E., M.Ak |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Ekonomi/Akuntansi |
en_US |
dc.subject |
Volume Penjualan, Biaya Promosi, dan Laba Bersih |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |