Abstract:
Hasil belajar yang rendah merupakan masalah dalam penelitian ini. Rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model serta metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi pembelajaran. Pendidik diharapkan dapat memilih model serta metode pembelajaran yang menarik dan tepat sesuai dengan materi pembelajaran agar hasil belajar yang dicapai lebih optimal. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akir (posttest), (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), dan (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimental Design, bentuk desain Nonequivalent Control Group Design dengan membagi subjek ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen adalah peserta didik yang mendapatkan perlakuan (treatment) dengan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining, sementara kelompok kontrol adalah peserta didik yang mendapatkan perlakuan dengan metode pembelajaran konvensional. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akir (posttest), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), dan (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest), Bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal pada kelas XI MAN 2 Ciamis.