dc.contributor.author |
Perhatian Nisa, Gina |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-27T04:44:34Z |
|
dc.date.available |
2025-08-27T04:44:34Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-19 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7085 |
|
dc.description.abstract |
Gina Parhatin Nisa, (2107210069) "Pengaruh Metode Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Cikatomas)" Di bawah bimbingan bapak Dr. Rizka Andhika Putra.S.Pd., MM selaku pembimbing 1 dan bapak Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, rendahnya hasil belajar peserta didik terjadi karena beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam belajar maka diperlukan suatu metode dan cara pembelajaran, yang berbeda dari konvensional. cara atau metode yang diterapkan harus melibatkan peserta didik untuk berperan langsung dalam proses pembelajaran. oleh karna itu, metode pembelajaran circuit learning di terapkan dalam proses pembelajaran agar motivasi sekaligus keterlibatan dan hasil pembelajaran siswa dapat meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran circuit learning pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen.2) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol.3) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode circuit learning dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning pada pengukuran awal (pretest)) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen.2)Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol
3)Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Circuit Learning dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest). |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan |
en_US |
dc.subject |
Metode circuit learning, hasil belajar |
en_US |
dc.subject |
Metode circuit learning, hasil belajar |
en_US |
dc.title |
Pengaruh metode circuit learning terhadap hasil belajar peserta didik |
en_US |