Unigal Repository

Pengelolaan Sistem Informasi Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Ciharalang kecamatan cijeungjing kabupaten ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Ali Mustopa, Fahrul
dc.date.accessioned 2025-08-26T07:29:20Z
dc.date.available 2025-08-26T07:29:20Z
dc.date.issued 2025-07-24
dc.identifier.issn 3504210236
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7076
dc.description.abstract FAHRUL ALI MUSTOFA. 2025. PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA CIHARALANG KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS.Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengelolaan Sistem Informasi Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kualitas sumber daya manusia dalam mengelola Sistem Informasi Desa, kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat, belum adanya regulasi dan struktur organisasi yang jelas terkait pengelolaan Sistem Infomasi Desa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis Pengelolaan Sistem Informasi Desa Dalam Pelayanan Publik vaitu 4 dimensi teori dari G.R Terry (Badrudin, 2020:14) meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengawasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan Sistem Informas Desa di Desa Ciharalang belum berjalan optimal. Hambatan-hambatanya antara lain kurangnya kesiapan pelaksana dan juga masyarakat dalam menjalankan SID, strategi yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, keterbatasan kompetensi pengelola SID, belum adanya struktur organisasi yang jelas, sosialisasi yang belum merata dan efektif, evaluasi dan pelaporan yang tidak berkelanjutan, ketersediaan wadah umpan balik yang kurang efektif, serta rendahnya penerimaan masyarakat terhadap digitalisasi. Adapun upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Ciharalang yaitu berupaya untuk membentuk layanan Helpdesk berbasis Whatsapp untuk mempermudah pelayanan, Pemerintah Desa Ciharalang menyediakan pilihan layanan manual dan digital, meningkatkan koordinasi antar perangkat Desa, memberdayakan Kepala Dusun untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, melakukan sosialisasi melalui pertemuan atau forum musyawarah, dan Pemerintah Desa Ciharalang berencana untuk mengajukan anggaran di tahun 2026 yang mencakup honorium operator SID, dana pemeliharaan dan sosialisasi. en_US
dc.description.sponsorship H. Ahmad Juliarso S.Ip., M.Si. Wawan Risnawan SE., S.Ip.,M.Si. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik en_US
dc.title Pengelolaan Sistem Informasi Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Ciharalang kecamatan cijeungjing kabupaten ciamis en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account