Unigal Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAMIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK KELAS X AKUNTANSI PADA MATERI AKUNTANSI DASAR

Show simple item record

dc.contributor.author Anjelina, Dea
dc.date.accessioned 2025-08-26T06:28:18Z
dc.date.available 2025-08-26T06:28:18Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.citation Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7068
dc.description.abstract Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini. Hasil belajar peserta didik menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan suatu proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah metode pembelajaran gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan metode pembelajaran gamifikasi pada pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran gamifikasi di kelas eksperimen dengan menggunakan metode konvensional di kelas kontrol pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji t. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan metode pembelajaran gamifikasi pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran gamifikasi di kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional di kelas kontrol pada pengukuran akhir (Posttest) dengan nilai N-Gain berkategori tinggi pada kelas eksperimen dan sedang pada kelas kontrol. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing 1: Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2: Dedeh, S.Pd., M.Pd en_US
dc.language.iso en en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Gamifikasi, Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAMIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK KELAS X AKUNTANSI PADA MATERI AKUNTANSI DASAR en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account