dc.contributor.author |
Anjelina, Dea |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-26T06:28:18Z |
|
dc.date.available |
2025-08-26T06:28:18Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-19 |
|
dc.identifier.citation |
Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
en_US |
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7068 |
|
dc.description.abstract |
Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian
ini. Hasil belajar peserta didik menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan
suatu proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh beberapa
faktor diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh
pendidik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah metode
pembelajaran gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan
hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional
pada pengukuran awal (Pretest) dan metode pembelajaran gamifikasi pada
pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran
awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran gamifikasi di kelas
eksperimen dengan menggunakan metode konvensional di kelas kontrol pada
pengukuran akhir (Posttest).
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain
Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang di gunakan
adalah uji t. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional
pada pengukuran awal (Pretest) dan metode pembelajaran gamifikasi pengukuran
akhir (Posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran
awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol. 3) Terdapat
perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran
gamifikasi di kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional di kelas
kontrol pada pengukuran akhir (Posttest) dengan nilai N-Gain berkategori tinggi
pada kelas eksperimen dan sedang pada kelas kontrol. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing 1: Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd
Pembimbing 2: Dedeh, S.Pd., M.Pd |
en_US |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.subject |
Metode Pembelajaran Gamifikasi, Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAMIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK KELAS X AKUNTANSI PADA MATERI AKUNTANSI DASAR |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |