Abstract:
Rika Yuniar. NIM 3402210243. Pengaruh Utilitarian Browsing dan Hedonic Browsing Terhadap E-Impulse Buying ( Studi Pada Konsumen MS Glow di Online Shop MS Glow Grosir Ciamis). Di bawah Bimbingan Bapak Dr. Nana Darna, S.E., M.M. Selaku (Pembimbing I) dan Ibu Lia Yulia, S.T., M.M. Selaku (Pembimbing II).
E-Impulse Buying atau pembelian impulsif didefinisikan sebagai bentuk pembelian yang tidak direncanakan, sebagai akibat dari paparan stimulus dan diputuskan saat itu juga. e-impulse buying mencerminkan perilaku konsumen yang sering kali dipengaruhi oleh faktor emosional dan situasional, di mana keputusan untuk membeli diambil dengan cepat dan tanpa pertimbangan mendalam. Penelitian ini berfokus pada Pengaruh Utilitarian Browsing dan Hedonic Browsing Terhadap E-Impulse Buying pada MS Glow Grosir Ciamis. Tujuan dala penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh utilitarian browsing terhadap e-impulse buying pada produk Ms Glow Grosir Ciamis. 2) Pengaruh hedonic browsing terhadap e-impulse buying pada produk MS Glow Grosir Ciamis. 3) Pengaruh utilitarian browsing dan hedonic browsing terhadap e-impulse buying pada MS Glow Grosir Ciamis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Utilitarian Browsing termasuk dalam interpretasi kategor baik. Hedonic Browsing termasuk dalam interpretasi kategor baik. E-Impulse Buying termasuk dalam interpretasi kategor baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Utilitarian Browsing pada E-Impulse Buying sebesar 16,64% sedangkan sisanya 83,36% dipengaruhi faktor lain; 2) Hedonic Browsing pada E-Impulse Buying sebesar 54,16% sedangkan sisanya 45,84% dipengaruhi faktor lain; 3) Utilitarian Browsing dan Hedonic Browsing pada E-Impulse Buying sebesar 54,31%. Sedangkan sisanya 45,69% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan ini diharapkan pada MS Glow Grosir Ciamis agar lebih memperhatikan faktor Utilitarian Browsing dan Hedonic Browsing agar E-Impulse Buying semakin meningkat.
Kata Kunci: Utilitarian Browsing, Hedonic Browsing, E-Impulse buying