Abstract:
Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan metode diskusi dan presentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1)Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Diskusi dan Presentasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Diskusi dan Presentasi pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode demonstrasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode diskusi dan presentasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunkan metode demonstrasi dengan yang menggunakan metode diskusi dan presentasi pada pengukuran akhir (posttest).