dc.contributor.author |
NURDIN YANUAR, IQBAL MUHAMAD |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-21T08:07:02Z |
|
dc.date.available |
2025-08-21T08:07:02Z |
|
dc.date.issued |
2025-08-06 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7013 |
|
dc.description.abstract |
IQBAL MUHAMAD NURDIN YANUAR. 2025. Penerapan Strategi
Pemasaran Keripik Talas Untuk Peningkatan Usaha Talas (Studi Kasus Di Desa
Sukamaju Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis). IVAN SAYID
NURAHMAN dan ANISA PUSPITASARI.
Penelitian ini difokuskan pada Strategi Pemasaran Keripik Talas di Desa
Sukamaju Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1] identifikasi faktor internal dan
eksternal yang mempengaruhi dalam pemasaran agroindustri keripik talas di Desa
Sukamaju Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis; 2] untuk mengetahui
alternatif strategi pemasaran agroindustri keripik talas di Desa Sukamaju
Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang
digunakan adalah studi kasus.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor
internal pada pemasaran keripik talas kekuatannya kualitas produk baik, sudah
memiliki label perusahaan, modal usaha baik, bisa diolah menjadi macam-macam
produk. Kelemahannya yaitu belum adanya pembukuan yang jelas, adakala terjadi
gagal produksi, sering kekurangan media tanam, promosi dan iklan masih belum
maksimal. Faktor eksternal dalam pemasaran keripik talas peluangnya yaitu
permintaan keripik talas banyak, adanya pelanggan setia, daya beli masyarakat
besar terhadap keripik talas, semakin meningkatnya selera masyarakat terhadap
keripik talas. ancamannya yaitu pengaruh pergantian musim/cuaca terhadap usaha
keripik talas, adanya persaingan antar petani/pasar. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Ivan Sayid Nurahman, S.P., M.P
Anisa Puspitasari, S.P., M.P |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Pertanian |
en_US |
dc.subject |
Keripik Talas, UMKM, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran. |
en_US |
dc.title |
Strategi Pemasaran Keripik Talas Agroindustri Masha Di Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |