dc.contributor.author |
Nurazizah, Intan |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-21T07:39:26Z |
|
dc.date.available |
2025-08-21T07:39:26Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-24 |
|
dc.identifier.issn |
3504210227 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7011 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal diketahui bahwa kinerja
Perangkat Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya masih
belum maksimal. Hal tersebut terlihat dari masih terlambatan dalam pembuatan
hasil target kerja realisasi PBB, efektivitas kerja Perangkat Desa terlihat menurun,
tidak memiliki website resmi yang dapat memperlihatkan grafik pencapaian target
tahunan. hal tersebut diduga karena komunikasi persuasif Kepala Desa Girijaya
Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya masih kurang memberikan
motivasi yang tegas, dan masih kurang melakukan pendekatan secara personal
terhadap Perangkat Desa dalam membangun semangat kerja di kantor desa.
Metode penetilian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi angket, observasi dan
wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perangkat Desa
Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 14 orang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh/sensus,
dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 13 orang dengan pengisian
angket dan wawancara kepada Kepala Desa.
Dari hasil penelitian di Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten
Tasikmalaya diperoleh hasil sebagai berikut: 1) komunikasi persuasif Kepala Desa
Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya dapat dikatakan cukup
baik. Hal ini dibuktikan dari hasil pengebaran angket yang diberikan kepada 13
orang responden diperoleh total skor sebesar 646 dengan nilai rata-rata 35,80 yang
termasuk pada kategori cukup baik, dan apabila dipresentasikan diperoleh hasil
sebesar 55,07%. Artinya komunikasi persuasif Kepala Desa Girijaya Kecamatan
Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya sudah cukup sesuai dengan teknik komunikasi
persuasif menurut Yuki (2010) dalam Hendri (2019:282-283) . 2) kinerja Perangkat
Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya sudah cukup baik.
Hal ini dibuktikan dari hasil penyebaran angket yang diberikan kepada 13 orang
responden diperoleh total skor 349 dengan nilai rata-rata 34,90 yang termasuk pada
kategori cukup baik, dan apabila dipresentasikan diperoleh hasil sebesar 53,69% .
artinya kinerja Perangkat Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten
Tasikmalaya sudah cukup baik dengan indikator standar kinerja menurut Robbins
dalam Setiana (2019:131). 3) terdapat pengaruh positif antara komunikasi persuasif
Kepala Desa terhadap kinerja Perangkat Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih
Kabupaten Tasikmalaya . hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien
determinasi sebesar 32,49% yang termasuk dalam kategori pengaruhnya cukup
berarti. Artinya komunikasi persuasif Kepala berpengaruh terhadap kinerja
Perangkat Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya 32,49%,
sedangkan sisanya sebesar 67,51% dipengaruhi komunikasi kerja yang belum
optimal. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
H. Ahmad Juliarso, S.IP., M.Si.
Ari Kusumah Wardani, S.S.,M.PA. |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
en_US |
dc.subject |
Komunikasi Persuasif, Kinerja, Desa Girijaya |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Komunikasi Persuasif Kepala Desa Terhadap Kinerja Perangkat Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |