Unigal Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BIBIT JAMUR TIRAM (Studi Kasus pada UD Syahid Mushroom di Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Marsus, Faishal Soffan
dc.date.accessioned 2025-08-21T06:55:34Z
dc.date.available 2025-08-21T06:55:34Z
dc.date.issued 2025-08-12
dc.identifier.other Faishal Soffan Marsus
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7006
dc.description.abstract Usaha bibit jamur tiram Syahid Mushroom memiliki prospek yang menjanjikan karena memiliki produk yang berkualitas serta tingginya permintaan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha bibit jamur tiram Syahid Mushroom melalui analisis faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi kegiatan usaha. 1) Faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan usaha bibit jamur tiram Syahid Mushroom. 2) Faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman usaha bibit jamur tiram Syahid Mushroom. 3) Merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha bibit jamur tiram Syahid Mushroom di Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Faktor internal yang meliputi: Kekuatan, yaitu lokasi perusahaan strategis, produk berkualitas, produk terkenal di khalayak masyarakat, pengalaman usaha. Kelemahan, yaitu administrasi usaha, keterbatasan tenaga kerja, metode pemasaran terbatas. 2) Faktor eksternal yang meliputi: Peluang, yaitu permintaan produk yang tinggi, peluang pasar, memiliki kepercayaan dan loyalitas dan pelanggan. Ancaman, yaitu banyaknya pesaing, perubahan cuaca yang tidak stabil, fluktuasi harga bahan baku, serangan hama dan penyakit. 3) Alternatif strategi yang tepat yaitu menggunakan strategi S-O. Berdasarkan strategi S-O (Strength-Opportunity), maka diperoleh faktor yang harus dipertahankan untuk mengambil peluang yang ada, yaitu mempertahankan dan meningkatkan mutu produk dengan cara pengawasan produk, memanfaatkan platform media sosial dan membuka titik distribusi baru untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, mengembangkan loyalitas pelanggan dan testimoni pelanggan sebagai konten promosi di media sosial dan pemasaran digital. en_US
dc.description.sponsorship Nurahman, Ivan Sayid dan Aziz, Saepul en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Analisis SWOT, Bibit Jamur Tiram, Pengembangan, Strategi en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BIBIT JAMUR TIRAM (Studi Kasus pada UD Syahid Mushroom di Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account