Abstract:
Siti Wahyuni, NIM. 3403210172. “Pengaruh Penerapan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Pengelolaan Dana BOS Terhadap Akuntabilitas Keuangan Dana BOS (Suatu Studi pada Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Banjar)”. Dibawah bimbingan Dede Abdul Rozak, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Dendy Syaiful Akbar, S.E., M.Si. (Pembimbing II)
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Penerapan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Pengelolaan Dana BOS Terhadap Akuntabilitas Keuangan Dana BOS (Suatu Studi pada Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Banjar). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana pengaruh penerapan ARKAS terhadap akuntabilitas keuangan dana BOS?; 2]. Bagaimana pengaruh pengelolaan dana BOS terhadap akuntabilitas keuangan dana BOS?; 3]. Bagaimana pengaruh penerapan ARKAS dan pengelolaan dana BOS terhadap akuntabilitas keuangan dana BOS?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatori dengan pendekatan kuantitaif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, koefisien korelasi berganda, regresi linear beganda dan uji hipotesis (uji t dan uji F).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan ARKAS berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas keuangan dana BOS dengan hasil koefisien korelasi sederhana sebesar 0,751, koefisien determinasi sebesar 0,564, dan uji t memperoleh nilai t_hitung 10,173 > t_tabel 1,664 dan signifikansi < 0,05. Kemudian, pengelolaan dana BOS berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas keuangan dana BOS dengan hasil koefisien korelasi sederhana sebesar 0,880, koefisien determinasi sebesar 0,774, dan uji t memperoleh nilai t_hitung 16,563 > t_tabel 1,664 dan signifikansi < 0,05. Selain itu, penerapan ARKAS dan pengelolaan dana BOS juga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas keuangan dana BOS pada Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Banjar dengan hasil koefisien korelasi berganda sebesar 0,889, analisis regresi linier berganda memperoleh Y=0,310+0,224+0,761, koefisien determinasi sebesar 0,790, dan uji F memperoleh nilai F_hitung 148,870 > F_tabel 3,11 dan signifikansi < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Banjar dapat dapat meningkatkan manajemen data yang lebih baik. Selain itu, Pemerintah Daerah disarankan agar dapat meningkatkan pembinaan melalui sosialisasi dan pelatihan terkait pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOS. Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Banjar juga diharapkan menyusun perencanaan penggunaan dana BOS yang lebih tepat sasaran.
Kata Kunci : Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS), Pengelolaan Dana BOS dan Akuntabilitas Keuangan Dana BOS