Unigal Repository

Pengaruh Switching Cost dan Price Discount Terhadap Loyalitas Konsumen (Suatu Studi pada Konsumen Service Sepeda Motor di Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Galih, Fahmi Aditya
dc.date.accessioned 2025-08-20T04:49:27Z
dc.date.available 2025-08-20T04:49:27Z
dc.date.issued 2025-07-31
dc.identifier.other 3402210314
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6968
dc.description.abstract Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Switching Cost dan Price Discount terhadap Loyalitas Konsumen (Suatu Studi pada Konsumen Service Sepeda Motor di Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya kecenderungan sebagian konsumen untuk berpindah ke bengkel lain. Biaya peralihan (switching cost) yang dianggap rendah membuat konsumen tidak ragu mencoba bengkel lain, sedangkan program potongan harga (price discount) dari pesaing sering kali menjadi daya tarik tambahan yang dapat mempengaruhi konsumen. Kondisi ini berpotensi menurunkan tingkat loyalitas konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana pengaruh switching cost terhadap loyalitas konsumen pada konsumen Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis? (2) Bagaimana pengaruh price discount terhadap loyalitas konsumen pada konsumen Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis? (3) Bagaimana pengaruh switching cost dan price discount terhadap loyalitas konsumen pada konsumen Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Pengaruh switching cost terhadap loyalitas konsumen; 2) Pengaruh pemberian price discount terhadap loyalitas konsumen; 3) Besarnya pengaruh switching cost dan price discount terhadap loyalitas konsumen Service Sepeda Motor di Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Service Sepeda Motor di Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 99 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data yang diperoleh menggunakan Analisis Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Berganda, Uji Uji T, dan Uji F. Dari hasil penelitian, berdasarkan koefisien korelasi, menunjukan bahwa switching cost berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,308 dan koefisien determinasi 9,5%. Selain itu, price discount juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,714 dan koefisien determinasi 50,9%. Secara simultan, switching cost dan price discount berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan besarnya pengaruh 51,1% dan sisanya 48,9%, dipengaruhi faktor lain. Diharapkan Bengkel Dealer Daya Motor Ciamis untuk terus mengelola tingkat switching cost dan promo price discount sehingga akan memperbanyak penjualan dan meningkatkan loyalitas konsumen. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Nana Darna, S.E., M.M. H. Iwan Setiawan, S.E., M.M. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh en_US
dc.subject Switching Cost, Price Discount, Loyalitas Konsumen en_US
dc.title Pengaruh Switching Cost dan Price Discount Terhadap Loyalitas Konsumen (Suatu Studi pada Konsumen Service Sepeda Motor di Bengkel Dealer Honda Daya Motor Ciamis) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account