Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya loyalitas pelanggan akibat
terbatasnya program loyalitas, inovasi produk, dan hubungan emosional. Customer
value belum optimal karena manfaat sosial kurang tersampaikan dan kinerja produk
tidak konsisten. Pengalaman pelanggan juga lemah akibat distribusi dan promosi
yang tidak efektif. Hal ini menghambat akses produk dan pembelian ulang.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh
Customer Value terhadap Loyalitas Pelanggan pada Soya Drink Ciamis?; 2)
Bagaimana pengaruh Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan pada
Soya Drink Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh Customer Value dan Customer
Experience terhadap Loyalitas Pelanggan pada Soya Drink Ciamis?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis; 1) Pengaruh Customer
Value terhadap Loyalitas Pelanggan pada Soya Drink Ciamis; 2) Pengaruh
Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan pada Soya Drink Ciamis; 3)
Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan
pada Soya Drink Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif,
analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien korelasi berganda, analisis
regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji persial (uji t), dan uji signifikan
(uji F). Jumlah populasi yang dijadikan objek penelitian adalah Pelanggan Soya
Drink Ciamis dengan populasi 1,498 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak
94 orang menggunakan sampling insidental. Dalam penelitian ini pengumpulan
data menggunakan studi kepustakaan, observasi, dan penyebaran kuesioner.
Hasil dari penelitian sebagai berikut; 1) Customer Value pada Soya Drink
Ciamis termasuk dalam kategori sangat kuat; 2) Customer Experience pada Soya
Drink Ciamis termasuk dalam kategori sangat kuat; 3) Loyalitas Pelanggan pada
Soya Drink Ciamis termasuk dalam kategori saangat kuat; 4) Customer Value dan
Customer Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan. Artinya apabila Customer Value dan Customer Experience dilakukan
sudah baik maka Loyalitas Pelanggan akan meningkat. Dengan ini diharapkan
perusahaan mampu meningkatkan Customer Value dan Customer Experience
sehingga akan lebih meningkatkan Loyalitas Pelanggan.