dc.description.abstract |
Elvira Nadila Avisa, NIM. 3402210209. “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada UMKM Ning Snack Wanareja)”. Di bawah bimbingan Bapak Mujaddid Faruk S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Mukhtar Abdul Kader, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada UMKM Ning Snack Wanareja). Latar belakang penelitian ini adalah terkait pentingnya menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang guna mempertahankan loyalitas pelanggan di era yang serba digital dan kompetitif dalam dunia bisnis. Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi, bagaimana CRM pada Ning Snack Wanareja, bagaimana loyalitas pelanggan pada Ning Snack Wanareja dan bagaimana Pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan pada Ning Snack Wanareja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, CRM pada Ning Snack Wanareja, loyalitas pada Ning Snack Wanareja dan pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan pada Ning Snack Wanareja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk analisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif berupa analisis Koefisien Korelasi Rank Spearman, Uji Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis berupa Uji Signifikansi (Uji t), dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa CRM dan loyalitas pada Ning Snack Wanareja berada pada kategori baik. Secara verifikatif CRM memiliki hubungan yang kuat dan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Ning Snack Wanareja.
Kata Kunci : Customer Relationship Management (CRM) , Loyalitas Pelanggan |
en_US |