Unigal Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Septiana, Mochamad Rifki
dc.date.accessioned 2025-08-19T07:42:55Z
dc.date.available 2025-08-19T07:42:55Z
dc.date.issued 2025-08-18
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6949
dc.description Pengaruh Kepuasan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Klinik Eye Center Ciamis) en_US
dc.description.abstract Mochamad Rifki Septiana, 3402210111. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Suatu Studi Pada Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H Sukomo, Drs., M.Si dan Anisa Lisara, S. Pd., M.M. Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Suatu Studi Pada Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1.] Bagaimana Kualitas Pelayanan yang dilaksanakan di Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis?; 2.] Bagaimana Kepuasan Pelanggan di Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis?; 3.] Seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan di Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis?; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) bagaimana kualitas pelayanan yang dilaksanakan di Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis 2) bagaimana kepuasan pelanggan di Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis 3) seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di klinik Eye Center Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk analisis data yang diperoleh digunakan analisis Regresi Linier Sederhana, Koefesien Korelasi Sederhana, Uji Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan Uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1]. Kualitas pelayanan pada pasien Klinik Eye Center di Kabupaten Ciamis dalam kategori tinggi. Ini berarti Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis telah berhasil menciptakan kualitas pelayanan yang sangat baik, dengan keseimbangan hidup dan kondisi yang optimal bagi pesien Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis dan skor paling tidak baik yaitu pada indikator empati (empathy). 2]. Kepuasan pelanggan pada pasien Klinik Eye Center di Kabupaten Ciamis dalam kategori sangat tinggi. Ini berarti pasien Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis ditunjukkan oleh apresiasi terhadap kompetensi tenaga medis, keandalan prosedur layanan, serta kenyamanan dan kualitas fasilitas yang secara konsisten memenuhi bahkan melampaui harapan pasien dan skor paling tidak baik yaitu pada indikator mutu layanan. 3]. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis, dengan tingkat hubungan sangat tinggi. Artinya jika kualitas pelayanan meningkat maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan pada Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis. Adapun besarnya pengaruh sebesar 37,90%. en_US
dc.description.sponsorship Dr. H Sukomo, Drs., M.Si Anisa Lisara, S. Pd., M.M. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Manajemen en_US
dc.title Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Klinik Eye Center Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account