Unigal Repository

Pengaruh Orientasi Pasar dan Relationship Marketing Terhadap Penjualan Produk UMKM (Studi Pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeunjing)

Show simple item record

dc.contributor.author Safitri, Alya
dc.date.accessioned 2025-08-19T06:31:44Z
dc.date.available 2025-08-19T06:31:44Z
dc.date.issued 2025-08-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6940
dc.description.abstract Alya Safitri, 3402210028. Pengaruh Orientasi Pasar dan Relationship Marketing Terhadap Penjualan Produk UMKM (Studi pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing). Di bawah bimbingan Ibu. Dr. Hj. Aini Kusniawati., M.M. (Pembimbing I) dan Bapak H. Iwan Setiawan, SE. M.M. (Pembimbing II). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penjualan produk UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing yang dapat dilihat dari data volume penjualan perusahaan selama periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2024 yang cenderung mengalami penurunan. Permasalahan tersebut diduga diakibatkan oleh belum optimalnya orientasi pasar dan relationship marketing. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing?; Bagaimana pengaruh relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing?; Bagaimana pengaruh orientasi pasar dan relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh orientasi pasar terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing; Pengaruh relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing; Pengaruh orientasi pasar dan relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen yang membeli produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing selama periode Bulan Januari sampai dengan Desember 2024 yaitu sebanyak 1.652 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi pasar terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing; Terdapat pengaruh positif dan signifikan relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing; Terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi pasar dan relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing. Artinya apabila orientasi pasar dan relationship marketing sudah baik, maka penjualan produk akan meningkat. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Relationship Marketing dan Penjualan Produk en_US
dc.description.sponsorship Dr. Hj. Aini Kusniawati., M.M. (Pembimbing I) H. Iwan Setiawan, SE., M.M. en_US
dc.subject Orientasi Pasar en_US
dc.subject Relationship Marketing en_US
dc.subject Penjualan Produk en_US
dc.title Pengaruh Orientasi Pasar dan Relationship Marketing Terhadap Penjualan Produk UMKM (Studi Pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeunjing) en_US
dc.title.alternative Alya en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account