dc.contributor.author |
Safitri, Alya |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-19T06:31:44Z |
|
dc.date.available |
2025-08-19T06:31:44Z |
|
dc.date.issued |
2025-08-19 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6940 |
|
dc.description.abstract |
Alya Safitri, 3402210028. Pengaruh Orientasi Pasar dan Relationship
Marketing Terhadap Penjualan Produk UMKM (Studi pada UMKM Fitri
Jaya Lestari Cijeungjing). Di bawah bimbingan Ibu. Dr. Hj. Aini Kusniawati.,
M.M. (Pembimbing I) dan Bapak H. Iwan Setiawan, SE. M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penjualan produk UMKM
Fitri Jaya Lestari Cijeungjing yang dapat dilihat dari data volume penjualan
perusahaan selama periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2024
yang cenderung mengalami penurunan. Permasalahan tersebut diduga diakibatkan
oleh belum optimalnya orientasi pasar dan relationship marketing. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap
penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing?; Bagaimana
pengaruh relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri
Jaya Lestari Cijeungjing?; Bagaimana pengaruh orientasi pasar dan relationship
marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari
Cijeungjing. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis:
Pengaruh orientasi pasar terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya
Lestari Cijeungjing; Pengaruh relationship marketing terhadap penjualan produk
pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing; Pengaruh orientasi pasar dan
relationship marketing terhadap penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari
Cijeungjing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
analisis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata
konsumen yang membeli produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing
selama periode Bulan Januari sampai dengan Desember 2024 yaitu sebanyak
1.652 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 94 orang. Dalam penelitian ini
pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi
lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan
sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi pasar terhadap
penjualan produk pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing; Terdapat pengaruh
positif dan signifikan relationship marketing terhadap penjualan produk pada
UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing; Terdapat pengaruh positif dan signifikan
orientasi pasar dan relationship marketing terhadap penjualan produk pada
UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeungjing. Artinya apabila orientasi pasar dan
relationship marketing sudah baik, maka penjualan produk akan meningkat.
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Relationship Marketing dan Penjualan
Produk |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Dr. Hj. Aini Kusniawati., M.M. (Pembimbing I)
H. Iwan Setiawan, SE., M.M. |
en_US |
dc.subject |
Orientasi Pasar |
en_US |
dc.subject |
Relationship Marketing |
en_US |
dc.subject |
Penjualan Produk |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Orientasi Pasar dan Relationship Marketing Terhadap Penjualan Produk UMKM (Studi Pada UMKM Fitri Jaya Lestari Cijeunjing) |
en_US |
dc.title.alternative |
Alya |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |