Unigal Repository

STUDI FENOMENOLOGI: PERAN GURU DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CERDAS, CERMAT, CEPAT DAN TEPAT (C3T).

Show simple item record

dc.contributor.author Azahra, Annisa Yasfa
dc.date.accessioned 2025-08-16T04:24:27Z
dc.date.available 2025-08-16T04:24:27Z
dc.date.issued 2025-08-15
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6925
dc.description.abstract Annisa Yasfa Azahra (2118210029). Studi Fenomenologi: Peran Guru dalam Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Cerdas, Cermat, Cepat Dan Tepat (C3T) Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam peran guru dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran PBL yang dipadukan dengan pendekatan C3T. Penelitian fenomenologi digunakan untuk memahami pengalaman objektif guru dalam konteks pembelajaran matematika di kelas. Objek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang guru matematika MAN 1 Ciamis yang dipilih berdasarkan pertimbangan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena membantu siswa menyampaikan ide, memahami konsep, dan memecahkan masalah secara logis. Untuk mengatasi masalah ini, guru menggunakan pendekatan C3T yang dipadukan dalam PBL dinilai dapat meningkatkan daya pikir, ketelitian, dan kecepatan siswa dalam menyampaikan solusi matematis. Hasil penelitian menunjukkan peran guru sangat penting sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator dalam menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa berpikir kritis, menyampaikan ide secara logis, serta membangun komunikasi matematis yang sistematis. Dimana peran guru dalam mengimplementasikan pendekatan C3T terbukti efektif dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis baik secara lisan, tertulis, maupun simbolik. Guru memanfaatkan strategi seperti diskusi kelompok, presentasi, refleksi, dan media interaktif untuk mendukung proses pembelajaran. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing 1: Dr. Asep Amam., S.Pd., M.Pd Pembimbing 2: Dr. Ida Nuraida., S.Pd., M.Pd en_US
dc.publisher Universitas Galuh en_US
dc.subject cerdas, cermat, cepat, dan tepat, fenomenologi, komunikasi matematis, peran guru, problem based learning. en_US
dc.title STUDI FENOMENOLOGI: PERAN GURU DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CERDAS, CERMAT, CEPAT DAN TEPAT (C3T). en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account