dc.contributor.author |
Azahra, Annisa Yasfa |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-16T04:24:27Z |
|
dc.date.available |
2025-08-16T04:24:27Z |
|
dc.date.issued |
2025-08-15 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6925 |
|
dc.description.abstract |
Annisa Yasfa Azahra (2118210029). Studi Fenomenologi: Peran Guru dalam
Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Problem Based
Learning (PBL) dengan Pendekatan Cerdas, Cermat, Cepat Dan Tepat (C3T)
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam peran guru dalam
memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran PBL
yang dipadukan dengan pendekatan C3T. Penelitian fenomenologi digunakan untuk
memahami pengalaman objektif guru dalam konteks pembelajaran matematika di kelas.
Objek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang guru matematika MAN 1 Ciamis yang
dipilih berdasarkan pertimbangan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Data
dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan aspek penting dalam pembelajaran
matematika karena membantu siswa menyampaikan ide, memahami konsep, dan
memecahkan masalah secara logis. Untuk mengatasi masalah ini, guru menggunakan
pendekatan C3T yang dipadukan dalam PBL dinilai dapat meningkatkan daya pikir,
ketelitian, dan kecepatan siswa dalam menyampaikan solusi matematis. Hasil penelitian
menunjukkan peran guru sangat penting sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator
dalam menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa berpikir kritis, menyampaikan
ide secara logis, serta membangun komunikasi matematis yang sistematis. Dimana peran
guru dalam mengimplementasikan pendekatan C3T terbukti efektif dapat membantu siswa
mengembangkan kemampuan komunikasi matematis baik secara lisan, tertulis, maupun
simbolik. Guru memanfaatkan strategi seperti diskusi kelompok, presentasi, refleksi, dan
media interaktif untuk mendukung proses pembelajaran. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing 1: Dr. Asep Amam., S.Pd., M.Pd
Pembimbing 2: Dr. Ida Nuraida., S.Pd., M.Pd |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Galuh |
en_US |
dc.subject |
cerdas, cermat, cepat, dan tepat, fenomenologi, komunikasi matematis, peran guru, problem based learning. |
en_US |
dc.title |
STUDI FENOMENOLOGI: PERAN GURU DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CERDAS, CERMAT, CEPAT DAN TEPAT (C3T). |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |