Unigal Repository

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Kawali (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi di Kelas XI IPS)

Show simple item record

dc.contributor.author Zakiyah, Aulia Nabilatu
dc.date.accessioned 2025-08-16T02:35:06Z
dc.date.available 2025-08-16T02:35:06Z
dc.date.issued 2025-08-16
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6919
dc.description.abstract Aulia Nabilatu Zakiyah (2107210024). ”Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Kawali (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi di Kelas XI IPS”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kawali. Kemampuan berpikir kritis siswa menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pemilihin model pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eskperimen; 2) Terdapat peningkatan kemampuan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). en_US
dc.description.sponsorship Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing II en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Kawali (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi di Kelas XI IPS) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account