Abstract:
ABSTRAK
NISA NURUL AWALIAH (2118210011). Penelitian ini berjudul “Perbandingan
Penerapan Permainan Ular Tangga dan Permainan Teka-Teki Silang untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa”. Latar belakang
penelitian ini yaitu masih jarangnya penerapan media pembelajaran untuk membantu
kegiatan pembelajaran berlangsung. Sehingga, pada kegiatan pembelajaran berlangsung
tidak semua siswa memiliki keaktifan dan kekreatifan berpikir di kelas selama proses
pembelajaran. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan
peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan
media permainan ular tangga dengan siswa yang menggunakan media permainan tekateki silang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest Group Design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 2 Cihaurbeuti.
Adapun sampel pada penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas
eksperimen 1 dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen 2 dengan pengambilan sampel
secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Non-equivalent
Pretest-Posttest Group Design kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Data yang
diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang
menggunakan media permainan ular tangga dengan siswa yang menggunakan media
permainan teka-teki silang.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Media Permainan
Ular Tangga, Media Permainan Teka-Teki silang