Unigal Repository

Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Show simple item record

dc.contributor.author Zahra, Firda Yuliani
dc.date.accessioned 2025-08-15T07:21:11Z
dc.date.available 2025-08-15T07:21:11Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6909
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa disebabkan juga oleh pendekatan pembelajaran yang seringkali bersifat abstrak dan tidak mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang merupakan suatu metode pembelajaran yang berfokus pada penghubungan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif, dengan desain yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, khususnya Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling, yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dengan materi Aritmatikasosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih meningkat dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang megikuti pembelajaran konvesional. Sehingga dapat disimpulkan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Sri Solihah, S.Pd., M.Pd. Yoni Sunaryo, S.Pd., M.Pd en_US
dc.title Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account