Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa disebabkan juga oleh pendekatan pembelajaran yang seringkali
bersifat abstrak dan tidak mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Salah
satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan
menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang merupakan
suatu metode pembelajaran yang berfokus pada penghubungan materi pelajaran
dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kefektivan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam
meningkatkan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan
adalah eksperimen kuantitatif, dengan desain yang digunakan yaitu kuasi
eksperimen, khususnya Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design.
Sampel penelitian diambil secara purposive sampling, yaitu kelas VII D sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari
30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep
matematis, dengan materi Aritmatikasosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen
dengan kelas kontrol yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang
mengikuti pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih meningkat
dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang megikuti
pembelajaran konvesional. Sehingga dapat disimpulkan Contextual Teaching and
Learning (CTL) efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematis.